PENGEMBANGAN BENIH BERLAPIS PUPUK ORGANOMINERAL

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi robilallamin – segala puji bagi Allah SWT penguasa seluruh alam semesta, saya dapat menyelesaikan penulisan sebuah buku Monograf: Pengembangan Benih Berlapis Pupuk Organo-mineral. Tiada sesuatu pekerjaan yang dapat saya selesaikan kecuali atas izin-Nya pula.

Benih berlapis pupuk organomineral merupakan inovasi baru yang dikembangkan oleh penulis melalui serangkaian riset yang cukup panjang, dimulai tahun 2018 hingga buku ini ditulis, dan akan terus disempurnakan. Ide tersebut terinspirasi dari pengalaman penulis dalam berinteraksi dengan masyarakat petani. Penulis merasa prihatin melihat masih banyak persoalan usahatani yang belum dapat teratasi, terutama yang berkaitan dengan benih dan pupuk serta biaya usahatani yang relatif tinggi. Kondisi tersebut telah menimbulkan kesulitan bagi petani, khususnya petani kecil, yang merupakan bagian terbesar dari populasi penduduk Indonesia. Hasil pengembangan teknologi pelapisan benih ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi masalah benih dan pupuk di lapang.

Penulis menyadari adanya kekurangan dalam kegiatan riset yang telah dilakukan. Meskipun sudah cukup lama teknologi pelapisan benih ini kami kembangkan, perbaikan dan penyempurnaan tekno-logi maupun produknya tetap diperlukan. Isi dari buku monograf ini diharapkan dapat menginspirasi, memunculkan gagasan-gagasan baru dari para peneliti atau mahasiswa dan pembaca lainnya.

Akhir kata, semoga sekelumit upaya penulis untuk sharing pengalaman dan ilmu pengetahuan ini bermanfaat bagi pembaca, baik sebagai peneliti, mahasiswa, ataupun masyarakat umum pemerhati bidang petani. Amiiinn.

 

Mataram, November 2022

Penulis

Joko Priyono

Scroll to Top