AGROGEOLOGI PEMANFAATAN BATUAN SEBAGAI PUPUK DAN AMELIORAN

Alhamdulillahi robilallamin – segala puji bagi Allah SWT penguasa seluruh alam semesta, saya bersyukur dapat menyelesaikan penulisan sebuah buku Agrogeologi: Pemanfaatan Batuan Sebagai Pupuk dan Amelioran. Tiada sesuatu pekerjaan yang dapat saya selesaikan kecuali atas izin-Nya pula.

Agrogeologi merupakan bidang ilmu yang relatif baru dibandingkan dengan cabang ilmu lainnya di bidang pertanian. Di Indonesia, agrogeologi diajarkan kepada mahasiswa terutama di Jurusan Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian sejak tahun 2000-an. Dalam bidang Agrogeologi dibicarakan lebih banyak aspek praktis atau terapan dari ilmu geologi, yaitu peman-faatan bahan geologi berupa mineral dan batuan seba-gai input usaha tani berupa pupuk dan pembenah tanah (soil ameliorant).

Bahan geologi – mineral dan batuan merupakan sumber daya alam yang sangat melimpah di permu-kaan bumi. Batuan volkanik di Indonesia relatif segar (fresh) karena sering terbarui oleh letusan gunung api yang masih aktif dan bahan erupsi itu tersebar di hampir semua kepulauan di Indonesia. Dari aspek pedologis, kesuburan alami tanah pertanian di selu-ruh dunia yang sebagian besar adalah tanah mineral sangat dipengaruhi oleh jenis dan sifat batuan induk tanahnya. Dari aspek praktis usaha tani, batuan sangat potensial untuk dimanfaatkan secara langsung sebagai pupuk karena mengandung berbagai jenis unsur hara esensial. Selain itu, batuan juga dapat di-manfaatkan sebagai pembenah (amelioran) tanah untuk mengatasi masalah sifat tanah yang kurang optimal sebagai media tumbuh dan pemasok unsur hara esensial bagi tanaman. Masalah tersebut dapat disebabkan oleh sifat genetis (bahan induk) maupun karena salah pengelolaan tanahnya. Agrogeologi di-kembangkan untuk berperan penting dalam meng-atasi masalah pertanian tersebut.

Sebagai salah satu cabang ilmu di bidang per-tanian yang relatif baru berkembang, kajian dan pu-blikasi yang berkaitan dengan agrogeologi masih sangat terbatas, terutama di Indonesia. Para peneliti maupun mahasiswa yang sedang melakukan peneliti-an skripsi/tesis cukup kesulitan mendapatkan refe-rensi yang memadai tentang agrogeologi, terutama yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Hal tersebut yang mendorong saya berinisiatif untuk menulis buku Agrogeologi ini berdasarkan bahan referensi terkait secara umum, sebagian dari pengalaman lapang, dan hasil penelitian yang pernah kami lakukan.

Buku ini terdiri atas delapan bab utama, menca-kup aspek teoritis dan praktis (teknologi terapan). Secara garis besar, buku ini membicarakan tentang unsur hara esensial dan permasalahannya, jenis ba-han geologi (mineral dan batuan) beserta karakteris-tiknya, pemikiran/konsep tentang pemanfaatan bahan geologi dalam bidang pertanian, pengembangan tekno-logi terapan dalam pemanfaatan mineral dan batuan secara langsung sebagai pupuk multi nutrisi dan amelioran untuk beragam jenis tanah yang berma-salah keharaan, ditutup dengan diskusi mengenai pe-ran penting agrogeologi dalam pengembangan perta-nian berkelanjutan.

Karena penerapan agrogeologi berkaitan dengan suatu sistem yang sangat kompleks, yaitu bidang per-tanian, penulis menyadari bahwa masih banyak aspek terkait yang belum tercakup dalam buku ini. Hal ter-sebut semata-mata karena kekurangan dari penulis yang masih harus terus belajar dan mengikuti per-kembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat dinamis. Oleh karena itu, kritik dan saran membangun dari semua pihak sangat kami harapkan dan hargai.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan teri-makasih kepada kolega, khususnya di Jurusan Ilmu Tanah Faperta Universitas Mataram yang telah mem-berikan dorongan untuk penulisan buku ini. Demikian pula kepada pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu-persatu, diucapkan terima kasih atas support-nya kepada penulis untuk menyelesaikan buku ini.

Akhir kata, semoga sekelumit upaya penulis un-tuk sharing pengalaman dan ilmu pengetahuan ini bermanfaat bagi pembaca, memberikan inspirasi ino-vatif kepada para peneliti lain, mahasiswa, ataupun masyarakat umum pemerhati bidang petani. Amiiinn.

 

Mataram, Agustus 2021

Penulis

Joko Priyono

===============================================================

Harga E-book Rp.

Harga Buku Hard Copy : Rp.

    • Untuk pembelian buku dalam bentuk E-book:
      • Silahkan transfer ke rekening kami untuk dapatkan password
      • ke Bank Mandiri         : 161-0-00474303-0 a.n. Pustaka Bangsa
    • Untuk Pembelian buku dalam bentuk Hard Copy, dapat dipesan secara online dan akan diantarkan ke tempat pembeli,
      • pemesanan via email: pustakabangsa05@gmail.com
      • atau hubungi langsung marketing kami : 082341456620 (AL)
      • Kirim alamat jelas pembeli
      • Transfer ke Rekening Bank Mandiri  : 161-0-00474303-0 a.n. Pustaka Bangsa
      • tunggu diantarkan langsung paling lambat 3 hari
    • Jika terkendala / Kesulitan, silahkan hubungi kami (kontak ada di halaman beranda)

    Terimakasih.

Scroll to Top